Rabu, 30 Mei 2012

Cerita Tentang Penasihat - "Penasihat"

Semalam ketika saya sedang membaca Alkitab, saya menemukan ayat-ayat seperti berikut:

Amsal 15:22 Rancangan gagal kalau tidak ada pertimbangan, tetapi terlaksana kalau penasihat banyak.


Amsal 24: 6 Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak.

Kedua ayat yang berkesinambungan tersebut seperti hendak menegaskan sesuatu di dalam saya bahwa di dalam hidup kita perlu berperang, kita perlu berencana, dan kita perlu  PENASIHAT. Bahkan dalam kedua ayat tersebut dikatakan "penasihat yang banyak". Hal ini jelas sedikit menggugah arah berpikir saya yang selama ini hanya berkutat terhadap perencanaan-perencanaan dari diri sendiri, melibatkan diri sendiri, dan hanya untuk diri sendiri.

Ayat tersebut diatas seperti membantu saya untuk merekontruksi rancangan-rancangan saya selama ini sekaligus juga menambah pengetahuan saya tentang PENASIHAT. Menurut pandangan saya, Penasihat yang dikatakan dalam ayat tersebut bisa terbagi dalam dua kategori yakni konkrit dan abstrak.

Pertama, penasihat konkrit adalah penasihat yang dapat dilihat secara kasat mata, dapat di dengar, dapat diajak berdiskusi, dapat dibaca, dan dapat berbagi. Hal ini dapat kita temukan disekitar kita dengan sangat mudah. Orangtua, teman, sahabat, dosen/guru, komunitas kita, atau mungkin pasangan kita adalah penasihat-penasihat gratis yang dapat kita temukan. Mereka ibarat e-book berisi nasihat-nasihat yang dapat menjadi pertimbangan kita untuk rancangan-rancangan kita yang dapat kita  Download tiap kali kita butuhkan. Siapakah dari orang-orang yang kita cinta dan yang mencintai kita yang dapat menolak kita tiap kita butuh nasihat dan pertimbangan? Selanjutnya, ada Our Super Bible, buku-buku orang bijak, internet, dsb yang dapat kita serap nasihatnya sesuai dengan yang kita butuhkan.

Yang kedua adalah penasihat abstrak. Penasihat abstrak dalam hal ini adalah penasihat yang tidak dapat dilihat secara kasat mata,  namun dapat kita rasakan. Siapakah? Jelas, Our Super GOD. Tuhan punya trilyunan nasihat dan caranya sendiri untuk diberi untuk tiap-tiap kita dengan kapasitas kebutuhan kita. Yang kita lakukan hanya SERAHKAN SEPENUHNYA, sebab Tuhan sudah berjanji bahwa rancanganNYA adalah rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan. Halleluya.

Selain Tuhan, penasihat abstrak selanjutnya lahir dari olahan perasaan dan pikiran kita sendiri. Sedih, marah, kesal, kecewa, merasa bersalah, merasa gagal, adalah segala bentuk hasil olahan perasaan kita yang sebelumnya terstimulasi dari berbagai hal atau kejadian yang ada. Tidak pernah ada yang salah dengan semua itu. Manusiawi dan alamiah, juga merupakan karunia dari Tuhan. Ketika kita mendapatkan hal-hal yang seperti itu, ketahuilah bahwa sebenarnya Tuhan sudah memberikan penasihat-penasihat super yang turun langsung ke dalam kita. Perasaan-perasaan seperti itu lah yang kelak membawa kita ke perencanaan yang lebih baik, memberi kita pelajaran, merangsang kita untuk lebih kreatif, memberi kita pertimbangan-pertimbangan yang lebih baik, menyemangati dan bahkan mengubah mindset perencanaan kita, dan tentunya untuk tetap bersyukur. Luar biasa Tuhan.....

untuk tiap nasihat yang kita dapatkan setiap hari,
 yang percaya tetap katakan AMIN!


Nink Telaumbanua


Tidak ada komentar:

Posting Komentar